Responsive image

Jika Bisa Jadi Yang Luar Biasa, Kenapa Pilih Yang Biasa Aja?

12/07/2020

Sahabat Coach, Salam The Will

Menarik sekali, ya judulnya Sahabat? Sahabat merasa terusik nggak? Ya, saya mengajak Sahabat untuk jadi yang luar biasa! Kenapa pilih jadi yang biasa aja, kalau Sahabat bisa jadi yang luar biasa?

Jeng jeng....

Jika bisa jadi yang luar biasa, kenapa pilih yang biasa aja? Jadilah yang luar biasa!

Saya benar-benar salut dengan Bunga Citra Lestari (BCL). Dia adalah artis tanah air yang luar biasa. Selain cantik dan multitalenta, kisah cintanya bersama Ashraf Sinclair (alm) sangat luar biasa, menginspirasi banyak orang. BCL dikabarkan sudah habis masa iddah-nya, yakni masa tunggu istri untuk menikah kembali, pada 29 Juni 2020. Namun, BCL malah mengunggah foto kemesraan mereka berdua di akun Instagramnya. Sejoli tersebut berpose dengan tangan saling menggenggam sembari saling melempar senyum. Foto yang diunggah itu juga nampak angka 12 sebagai tanda usia pernikahan mereka. Luar biasa kan, Sahabat? 

Setelah selesai masa Iddah seorang BCL, BCL masih setia kepada suaminya. Padahal dia cantik dan pasti banyak lelaki yang ingin mendekatinya. Tapi, postingan yang dibagikannya itu menunjukkan totalitasnya dalam mencintai dan menjaga komitmennya untuk saat ini. Ini akan menjadi tantangan besar bagi lelaki yang menginginkan hati BCL. Sangat menginspirasi, 'kan?!

Luar biasa artinya memiliki sesuatu kelebihan, ada nilai plus, dan menginspirasi banyak orang. Ya, lebih kurang seperti kisah cinta Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair. Memang banyak artis tanah air yang cantik, tapi carilah mereka yang luar biasa. Yang cantik memang banyak, tapi yang luar biasa pasti bisa dihitung dengan jari! Nah, hal ini juga sama dengan sales people. Pasti banyak sekali di luar sana sales people, tapi sales people yang luar biasa, apakah ada banyak? Saya rasa tidak. Jadilah sales people yang yang luar biasa, extraordinary, yang mempunyai nilai plus dan menginspirasi, sekarang juga!

Saat kalian membaca ini, pasti benak kalian berkata, "Mau! Mau banget! Iya iya! Jadi luar biasa, ya! Gimana caranya?"

Jeng jeng....

Itu pertanyaan yang bagus jika Sahabat menanyakan jalan atau caranya. Berarti pola pikir Sahabat memang bagus! Saya acungi jempol! Selamat!

Saya akan bagikan tips dan trik untuk jadi sales people yang luar biasa. Saya beri akronim, To Be Tul Sek. Simak dengan baik, ya! 

1. Totalitas

Berikan segala yang Sahabat punya dalam pekerjaan ini. Ini adalah jalan totalitas, memberi segala yang dipunya,  baik hati, tenaga, pikiran, waktu, keterampilan, maupun materiil. Tak perlu ragu untuk memberikan yang dipunya. Catat! Saya hanya meminta Sahabat untuk memberi yang dipunya. Ini sangat mudah, bukan? Berbagi yang Sahabat punya. 

Kalau Sahabat memang hanya punya cinta, bagi, pancarkan vibrasi cinta itu kepada pelanggan Sahabat. Pasti mereka senang dekat-dekat Sahabat. Caranya? Berikan senyum terbaik Sahabat, layani dengan hati, jawab pertanyaan mereka dengan sungguh-sungguh, dan lain sebaiknya. Banyak sekali ekspresi cinta!

2. Be Your Self

Jadi diri sendiri atau be your self. Ini adalah hal yang sangat penting. Dengan menjadi diri sendiri, Sahabat akan mempunyai karakter yang mudah dikenali pelanggan. Menciptakan karakter pribadi memang diperlukan. Ini sangat membantu orang-orang di sekitar Sahabat dalam memahami Sahabat. Mereka akan berbicara dan bertindak kepada Sahabat berdasarkan karakter Sahabat. Begitu pula Sahabat, pasti memperlakukan pelanggan dengan berbeda-beda, berdasarkan karakter mereka. Benar, 'kan?

Mulai sekarang sadari karakter aseli Sahabat. Terima dengan apa adanya diri Sahabat, tak perlu disangkal atau ditolak. Jika memang harus dilepaskan, lepaskan dengan kelegaan. Dan jadilah diri sendiri yang makin cerah dan bersinar!

3. Tulus

Ketulusan adalah salah satu kunci melakukan segala sesuatu. Kerjakan semuanya dengan hati yang tulus dan rendah hati, tak perlu memikirkan jauh-jauh ke depan output-nya apa. Lakukan saja dengan enjoy. Alam Semesta punya hukum yang presisi. Ketulusan pasti berbuah manis. 

Misalnya, di jalan Sahabat bertemu dengan calon pelanggan. Saat Sahabat mempresentasikan produk Sahabat, Sahabat melihat calon pelanggan sepertinya kehausan. Sahabat bisa menawarkan sesuatu yang Sahabat punya.  Kalau Sahabat punya air minum, Sahabat bisa tawarkan kepadanya. Kalau tidak punya, Sahabat bisa merekomendasikan warung dekat jalanan itu. Sahabat juga bisa sekalian istirahat sambil terus memprospek. Hehehe. Mudah sekali, 'kan? 

4. Sekarang dan Di Sini

Kapan dan di mana mulainya? Saya sering sekali memberi tips ini di akhir, sekarang dan di sini. Selalu saya ingatkan kepada Sahabat, tak pernah lelah. Sekarang, saat ini, dan di sini selalu ampuh untuk memulai segala sesuatunya. 

Kenapa, sih kok sekarang? Besok aja, nggak bisa, Coach? Hahahaha. 

Saya tanya ya, "Hidup Sahabat saat ini? Hidup Sahabat sekarang? Hidup Sahabat di sini, 'kan? Nikmati yang di sini, saat ini, dan sekarang, ya?"

Lalu, apa jawaban Sahabat, pasti gini, "Iyalah! Kalau hidup ya pasti di sini dan ini sekarang lagi baca tulisan Coach Willy!"

Saya tertawa. Nah, itu. Betul sekali Sahabat! Keeksistensian nyata kita ada saat ini, di sini, dan sekarang. Kalau kemarin atau besok itu sudah masuk eksistensi yang semu. Hayo ngaku, suka yang nyata-nyata atau yang semu-semu gitu? Kalau saya sih, sukanya yang nyata-nyata aja, ya. Ngeri yang semu. Awas kesambet hantu, loh. Hahaha

Itu adalah tips dan trik To Be Tul Sek yang bisa saya bagikan pada semua Sahabat. Selamat menjadi yang luar biasa. Jika bisa jadi yang luar biasa, kenapa pilih yang biasa aja? Jadilah yang luar biasa!

Ada Will, ada Coach Willy.

©2020 coachwilly.com. All rights reserved.